Widget Slideshow
  • HMJ SYARI’AH STAI DARUSSALAM MARTAPURA
  • HMJ Syari’ah STAI Darussalam Martapura ila RAKHA Amuntai
  •  Semarakkan Pekan Muharram 1433 H.
  • STAI Darussalam Martapura – Kal-Sel.

Kamis, 22 November 2012

Seminar Sehari, Hukum & Advokasi



Martapura. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Syari'ah STAI Darussalam Martapura pada beberapa hari yang lalu, Kamis (15/11/2012) telah menggelar seminar sehari tentang hukum dan advokasi di Aula STAI Darussalam Martapura. Pada acara itu, di depan, tampak terlihat, Bapak DR. H.  M. Quzwini, M.Ag., wakil ketua I STAI Darussalam Martapura, Bapak Imron Rosyadi, S.Ag., M.H.I., Ketua jurusan Syari’ah STAI Darussalam Martapura, Penasihat HMJ Syari’ah STAI Darussalam Martapura, Amiruddin, S.Pdi, Mantan ketua Umum HMJ Syari’ah, Hendra Wahyuddin, Ketua HMJ Syari’ah STAI Darussalam Martapura, Muhammad Sauqi, dan sejumlah para dosen, dan pemateri. Seminar Sehari yang bertemakan “Peran serta Mahasiswa  dalam Membangun Supremasi Hukum di Indonesia,” ini dihadiri sekitar 275 orang peserta dan 30 panitia. Dan selain itu juga dimeriahkan oleh Sanggar Ar-Rumi STAI Darussalam Martapura.


Antusias dari berbagai kalangan mahasiswa dan pelajar bak gayung bersambut. Seminar tidak hanya dihadiri oleh mahasiwa/i Syari'ah. Tetapi juga oleh para mahasiswa/i Tarbiyah STAID dan mahasiswa luar kampus. Seperti mahasiswa Akper, Akbid, dan STAI Al-Jami' Banjarmasin. Oniknya, para santri dan santriwati pun ikut mewarnai dalam menghadiri dan memeriahkan acara seminar sehari tersebut.

Seminar dipandu oleh seorang MC. yang cantik, Misriyah Taher,  mahasiswi Tarbiyah STAI Darussalam (STAID) Martapura. Acara demi acara ia susun. Acara pertama diisi dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an, oleh Siti Maisyarah HS, mahasiswi Syari'ah smt VII STAID. Lantunan kalam Ilahi yang dilirikkan oleh Qari’ah yang berasal dari Antasan Senor Ilir Martapura itu cukup membawa hawa segar bagi rohani peserta seminar. Detik demi detik pun berlalu. Hingga beberapa menit kemudian, acara disambung dengan laporan panitia pelaksana, oleh Ketua Pelaksana, Abdul Rasyid, mahasiswa Syari'ah smt III STAID. 

Dalam laporannya, ketua pelaksana menjelaskan, acara ini sengaja digelar untuk meningkatkan pengetahuan tentang hukum dan advokasi bagi masyarakat, dan mahasiswa/i Syari'ah khususnya, dimana mahasiwa/i Syari'ah sebagai calon-calon  sarjana hukum Islam sudah selayaknya mereka perlu tambahan pengetahuan tentang hukum dan advokasi. Apakan lagi, pasca seminar ini mahasiswa/i Syari’ah rencananya akan membentuk sebuah Lembaga Bantuan Hukum (LBH) di STAI Darussalam Martapura.  Selain itu, lanjutnya lagi, seminar ini juga bertujuan untuk memperkuat pertalian silaturrahmi antarsesama mahasiswa/i se-kabupaten Banjar. 

Matahari kian meninggi, terik panasnya sang surya semakin terasa. Seiring dengan berjalannya waktu, acara sambutan-sambutan pun dimulai. Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua HMJ Syari’ah STAI Darussalam Martapura, saudara M. Sauqi, mahasiswa Syari’ah smt V STAI Darussalam Martapura. Dalam kata sambutannya ia memulai,
“Salam Ukhuwah Islamiyyah…!!!” Sapa ketum HMJ Syari’ah priode ke-2 itu kepada hadirin. Peserta pun menjawab dengan nada yang sama, “Salam ukhuwah Islamiyyah.” Mahasiswa yang dikenal sebagai pemilik suara yang merdu dan penghafal al-Qur’an itu menjelaskan, salam ukhuwah islamiyyah adalah  sebuah kata-kata yang tidak asing lagi bagi warga HMJ Syari’ah STAID. “Salam ukhuwah islamiyyah merupakan semboyan bagi HMJ Syari’ah.” Kata pemuda yang sering disapa dengan sebutan Sauqi itu.

Sambutan kedua disampaikan oleh ketua jurusan Syari’ah STAI Darussalam Martapura. Beliau sebagai ketua jurusan merasa bangga terhadap para mahasiswa/i-nya dapat mengadakan seminar seperti ini. Dalam sambutannya beliau tidak berbicara panjang lebar, tapi, kata beliau, sangat aplaus sekali untuk HMJ Syari’ah STAI Darussalam Martapura. “Tepuk tangan untuk HMJ Syari’ah” ajak kejur kepada hadirin, ketika akan mengakhiri sambutannya. Serempak tepuk tangan pun menggema di ruang Aula STAI yang telah didesain seindah mungkin oleh para panitia itu.   

Selepas dari sambutan kejur Syari’ah, kini tiba saatnya sambutan dari Bapak DR. H. M.Quzwini, M.Ag, wakil ketua I STAI Darussalam Martapura untuk memberikan sambutannya sekaligus membuka acara seminar sehari itu secara resmi. Dalam sambutannya, ia mengungkapkan apresiasinya terhadap pelaksanaan acara seminar semacam ini, kata ketua kementrian agama Martapura itu.
****

Wajah-wajah ceria menghiasi ruangan Aula. Pagelaran lagu-lagu daerah yang dibawakan oleh Sanggar Ar-Rumi STAI Darussalam Martapura tampak dinikmati oleh peserta sambil memakan snack yang telah dibagikan panitia. Waktu Istirahat cukup lama. Acara seminar untuk sementara ditutup, dan pada jam 13.30 sehabis shalat zhuhur kembali dilanjutkan setelah makan bersama.
**** 

Pemaparan materi seputar hukum dan advokasi telah disampaikan secara bergantian oleh para nara sumber yang berkompeten. Nara sumber berasal dari dalam dan luar kampus. Salah satunya, Bapak Rusniansyah Marlim, S.H. dosen STAI Darussalam Martapura yang juga dosen dari STIBA, dan dosen fakultas hukum UVAYA. Selain itu, nara sumber lainnya adalah, Muhamad Anshary Yusuf, S.H., ketua LPBH NU, dan terakhir, Bapak Asep Mulya, S.H., M.H., yang juga seorang akademisi dan praktisi hukum.

Lazimnya sebuah seminar, forum tanya jawab pun diberikan kesempatan kepada beberapa penanya untuk menanyakan perkara-perkara yang mungkin masih menjadi sebuah pertanyaan di benak mereka. Peserta tampak sangat antusias dalam mengikuti forum tanya jawab itu. Ada banyak mahasiswa yang mengacungkan tangan. Berebut mau bertanya seputar hukum dan advokasi. Nara sumber pun memberikan jawaban-jawaban yang memuaskan. Hingga waktu seminar pun berakhir. Seorang moderator, jebulan fakultas Syari’ah STAI Darussalam Martapura, Bapak M. Rahman Fachruly, S.H.I mengakhiri seminar tersebut sembari menyerahkan acara kepada MC.

Share this article :

1 comments:

Salam Ukhuwah Islamiyyah...!!! Berikan Komentar Anda!

Terima Kasih atas Kunjungannya. Jazakumullah bil Khair. Isi Buku Tamunya yu.! di SINI