Widget Slideshow
  • HMJ SYARI’AH STAI DARUSSALAM MARTAPURA
  • HMJ Syari’ah STAI Darussalam Martapura ila RAKHA Amuntai
  •  Semarakkan Pekan Muharram 1433 H.
  • STAI Darussalam Martapura – Kal-Sel.

Jumat, 01 Maret 2013

Peradilan Semu Ala Mahasiswa Syari'ah 2013 Versi Mahasiswa Praktik di PA. BJB

Oleh : Ahmad Ariansyah (Mahasiswa Praktik B di PA. Banjarbaru)


Mau tahu gak gimana serunya praktik di Pengadilan Agama? oke, sekarang saya akan berbagi cerita kepada kalian semua. Gini sob, selama kami praktik banyak ilmu yang kami peroleh yang tidak mungkin bisa kami dapatkan di bangku kuliah. Mulai dari memasukkan gugatan sampai putusan atau penetapan, semua menjadi jelas.

Pengadilan agama adalah pengadilannya orang Islam yang berperkara tentang hukum keperdataan tertentu yang memang sudah menjadi kewenagan peradilan agama, untuk memeriksa, mengadili, dan memutus. Seperti perceraian (cerai gugat atau cerai talak), itsbat nikah, penetapan wali, pengangkatan anak (adopsi), bagi warisan, pembagian harta bersama, izin dispensasi nikah, izin poligami, hadhanah, wakaf, dan lain sebagainya. Dengan berpraktik selama 1 bulan di pengadilan agama kami sangat bersyukur, kami sebagai masiswa syari’ah yang memang bisa dibilang berkompeten untuk itu, dengan waktu yang cukup lemayan singkat ini, kami selalu mempergunakannya dengan sebaik mungkin untuk mengkaji lebih dalam lagi tentang ilmu peradilan agama.


Hasilnya? Wooww.... sangat memuaskan. Ini terbukti ketika kami mengadakan simulasi “Peradilan semu” ala mahasiswa Syari’ah, Rabu (27/2/2013) menurut komentar Hakim senior pengadilan agama Banjarbaru Drs. Ibrohim dan wakil panitera PA Banjarbaru Drs. Ardiansyah yang waktu itu menghadiri langsung dan menilai simulasi tersebut, kata mereka, “alhamdulillah, bagus sekali,”

Sewaktu menjelang simulasi, beberapa hari sebelumnya kami ditekankan oleh pamong dan lainnya untuk latihan serius, kata mereka untuk mengikuti persidangan atau observasi di meja I, meja II, meja III, dan lain sebagainya dirasa sudah cukup, sekarang kalian harus berlatih memerankan semua tokoh-tokoh yang terlibat di muka persidangan. Kami pun membagi kelompok menjadi tiga Majelis Hakim. Majelis hakim pertama menangani masalah Cerai Gugat dengan diketuai oleh Hendra Wahyuddin sebagai ketua majelis dengan dibantu oleh dua orang, Supriadi dan Abdussalam, masing-masing sebagai hakim anggota. Majelis hakim kedua tentang perkara verstek diketuai oleh Muhamad Arsyad sebagai ketua majelis dengan dibantu oleh syamsuri Ahmad dan Izatil Yazidah masing-masing sebagai hakim anggota. Dan majelis hakim ketiga tentang Itsbat Nikah diketuai oleh Ahmad Ariansyah sebagai ketua majelis dengan dibantu oleh Abdullah dan Norlina yang masing-masing sebagai hakim anggota.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat foto di bawah ini:


Latihan pun dimulai. Ada yang menjadi sebagai ketua Majlis, Hakim angota, panitera, juru sita, penggugat dan tergugat, pemohon dan termohon, saksi, dan hakim mediator. Wah seru banget deh. Akting dalam peradilan semu ala mahasiswa syari’ah sangat menarik. Hemmm siapa tahu nanti dengan berkat pernah mengikuti simulasi ini ada yang menjadi pemain film. hahaaa

“Sidang pengadilan agama Banjarbaru pada hari ini Rabu tanggal 27 februari 2013 bertepatan dengan tanggal 16 Rabiul Akhir 1434 hijriyah kami nyatakan dibuka dan terbuka untuk umum dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim. Tok.. tok... tok..!!! Suara ketokan palu ketua majlis membuat hening ruang sidang, pertanda bahwa sidang telah dimulai. Awas, ngak boleh yang ngomong dan menghidupkan hp-nya lagi. hheee

Persidangan dilanjutkan dengan pemanggilan para pihak, penggugat dan tergugat, atau pemohon dan termohon oleh panitera pengganti, untuk memasuki ruang sidang. Hemmm seperti persidangan beneren ya... ya jelas, donk. Mahasiswa Syari’ah gito lho.!!! Heee

Nah, bagi sobat yang penasaran ingin tahu kelanjutannya, tanyakan langsung saja kepada teman-teman mahasiswa syari’ah semester VIII.  Cape nulisnya disini. Terlalu panjang kalau mau dituliskan sampai selesai.

Giliran kalian kapan? .......

.
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

Salam Ukhuwah Islamiyyah...!!! Berikan Komentar Anda!

Terima Kasih atas Kunjungannya. Jazakumullah bil Khair. Isi Buku Tamunya yu.! di SINI